Pemberitahuan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Dengan ini kami beritahukan kepada seluruh pengunjung website Pengawas Sekolah bahwasanya Anda dapat mengirimkan karya Anda dalam bentuk tulisan, Lukisan , Photo atau Rekaman Audio/Video dengan ke alamat email : pengawassekolahtb@gmail.com.
Demikian terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Jumat, 27 Maret 2009

Cegah Virus di Kompie kita

Bagi pemilik komputer atau laptop, rasanya sudah pernah merasakan kehebatan virus yang membuat pemilik computer/ laptop kalang kabut karena data yang ada terinfeksi.

Bila ingin komputer kita bebas dari virus cobalah tips berikut ini:
1. Scan disket, CD/ DVD atau Flashdisk yang Anda gunakan di komputer atau laptop Anda.
Kegiatan yang dianggap sepele dan memakan waktu oleh para pengguna komputer atau laptop, menjadi sebuah kesempatan bagi virus, jadi mulailah meluangkan waktu untuk menscan disket, CD/ DVD atau Flashdisk yang Anda gunakan. Waktu yang anda luangkan tidak akan selama bila komputer atau laptop harus di ReInstal.
2. Lakukan scan terhadap harddisk Anda
Tak hanya disket, CD/ DVD atau Flashdisk yang perlu di scan akan tetapi Harddiskpun perlu, kenapa? Kita akan mengetahui apakah komputer atau laptop kita terinfeksi virus atau tidak. Scan harddisk juga akan mengurangi resiko gangguan yang diakibatkan oleh virus selama proses kerja Anda. Selain itu, juga memperkecil peluang terjadinya merusakan pada file Anda.
3. Proteksi data Anda
Proteksi data dapat dilakukan dengan cara memback up data atau software yang dianggap penting (tentunya komputer atau laptop harus bersih dulu dari virus) di sebuah media penyimpanan (disket, CD, DVD, Flashdisk, Harddisk atau media lain). Atau dengan cara menyimpan data (Ms. Word) dengan ekstensi *.rtf atau bisa juga dengan cara mengkompress data atau softare tersebut. Hingga saat ini file berekstensi *.rtf atau data yang dikompres dipercaya tidak bisa terinfeksi virus (berbeda ceritanya bila file yang kita kompres sudah terinfeksi sebelum di kompres)

4. Selektif dalam membuka email dan Waspadai attachment email.
Bagi pemilik email, jangan sembarangan dalam membuka email yang masuk, banyak virus dan worm yang menyamar menjadi email llu menduplikasikan dirinya serta mengirimkan copy tersebut ke eluruh email yang da di dalam dftar kontak kita. Untuk itu jelilah dalam subjek email yang aneh-aneh.selain membuka email jangan pula serampangan dalam mendownload attachment yang terlampir dalam email yang kita terima. Tidak sedikit yang menyisipkan virus berjenis worm pada email yang mereka kirimkan. Waspadai alamat email yang tidak anda kenal. Walaupun anda kenal dengan alamat email yang masuk, akan lebih bijak bila anda menanyakan keberadaan attachment pada pengirim, bila pengirim tidak merasa menambahkan attachment pada emailnya hapus saja attachment tersebut.
5. Memasang dan selalu meng-update program antivirus pada komputer Anda.
Masih banyak pengguna/ pemilik komputer atau laptop yang sudah merasa aman dengan memasang Antivirus. Bila anda salah satu dari mereka ubahlah cara berpikir anda, kenapa? Program antivirus itu memiliki masa kadaluarsa karena itu, Anda harus selalu meng-update program antivirus Anda. Program antivirus yang sudah expired, tidak akan punya kemampuan untuk menahan serangan virus pada komputer Anda apalagi perkembangan virus semakin pesat. Untuk itu ikuti perkembangan berita baik tentang virus maupun tentang update yang dikeluarkan oleh program antivirus yang anda gunakan
6. Download dan gunakan Security Patch ke dalam sistem komputer Anda.
Seperti yang kita ketahui bersama, tidak ada program software yang sempurna. Maksudnya, pasti ada bug atau titik lemah di dalam software itu. demikian juga halnya yang terjadi dengan aplikasi yang kita gunakan pada komputer atau laptop kita. Karena itu, dengan men-download dan gunakan Security Patch ke dalam sistem komputer Anda yang telah dirilis oleh pemilik program, melakukan hal itu berarti Anda telah menanggulangi bug yang ada pada program yang digunakan. Berkat bantuan program kecil ini, kinerja program juga akan menjadi lebih maksimal dalam menjaga komputer Anda, dari virus atau worm yang ada.
7. Menonaktifkan Windows Scripting Host.
Menonaktifkan Windows Scripting Host (program yang berfungsi untuk mengotomatisasi suatu fungsi) merupakan langkah bijak dalam memperkecil serangan atau ruang gerak virus atau worm karena banyak virus dan worm baru yang dikembangkan dengan visual basic scripting di bawah sistem windows. Kenapa admin menulis memperkecil? karena tidak semua virus berbahasa VBS dapat ditahan dengan menonaktifkan Windows Scripting Host

Semoga tips diatas bermanfaat bagi kita semua


Comments :

0 komentar to “Cegah Virus di Kompie kita”

Posting Komentar

Jazakillah sudah ikut berpartisipasi

Foto Saya
Pengawas Sekolah
Jl.Lintas Tebo Bungo Km. 12 Mauara Tebo, Jambi Email: pengawassekolahtb@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Administrator

Administrator
budiupomo66

Wakil Ketua MKPS

Wakil Ketua MKPS
Drs. Suradi Hidayat

Sekretaris MKPS

Sekretaris MKPS
Drs. Irwan Nawas

Bendahara Pengawas

Bendahara Pengawas
Ina Nurpiah, S.Pd
 

Copyright © 2009 by Goen@-One